4 Tema dasar Drama Korea

Kali ini mau nulis soal tema atau latar dasar dari drama korea, Meskipun gw cowok tetapi gak ada salahnya nonton drama korea bahkan ada manfaatnya bisa baca disini. Oh iya sebelum lebih lanjut ngebahasnya temen-temen bisa baca review beberapa drama korea yang bagus disini. 

Drama Korea sempat memenuhi layar kaca Indonesia sebelum tenggelam oleh drama India jahe :v. tetapi hal ini tidak membuat drama korea kehilangan fansnya di Indonesia, karena masih banyak yang selalu update drama korea terbaru dengan berbagai cara mulai dari Download Drama Korea, sampai Beli DVD Drama Korea. Padahal kalau kita perhatiin dari sekian drama korea sampai hari ini dapat di kelompokkan menjadi beberapa tema dan latar yang sama. Tetapi yang membuat penontonnya tidak pernah bosan karena pembuat Drama Korea memadukan tema dan latar tersebut menjadi sedikit lebih beda dari drama sebelumnya. Nah ini menurut gw daftar tema dasar drama korea :

1. Fantasy
Legend Of The Blue Sea
Tema dasar fantasy adalah drama yang ceritanya hanya hayalan semata dan tidak mungkin ada di Dunia nyata, hal ini hanya untuk memuaskan penonton dan membawa penonton kepada khayalan si pembuat cerita. Banyak sekali drama yang memakai tema dasar Fantasy, yang paling Booming adalah The Legend Of Blue Sea. Drama terbarunya Lee Min Ho ini mengangkat cerita fantasy Putri Duyung alias Mermaid. Selain itu juga masih banyak seperti My Girlfrien is Gumiho, Gu Family Book, dll.

2. Thriller atau Mistery
Three Days
Drama korea dengan tema ini ingin membuat penontonnya merasakan ketegangan, dan diminta untuk berfikir lebih karena banyak hal yang diungkap di akhir drama dan membuat cerita terasa Klise. Sering kali mengangkat cerita tentang Balas Dendam, Pembunuhan, Pemberontakan, bahkan pemerkosaan. Contoh drama ini adalah 3 Days, I Miss You, dll. 

3. Time Travel & History
Rooftop Prince
Drama dengan tema ini itu ceritanya dengan alur maju mundur, yaitu bisa kembali ke masa lalu dan masa depan. Atau malah saya tambahkan dengan istilah Tema History yang menceritakan sejarah atau cerita di jaman dulu. Yang paling menarik menurut gw adalah drama Rooftop Prince diawal-awal episode konyol dan lucu banget. Selain drama ini ada segudang judul yang bertema History dan Atau Time Travel lainnya, diantaranya Hwarang yang paling baru tayang tahun ini.

4. Romansa Percintaan
Semua drama korea pasti ada unsur Romance nya cuman tinggal si pembuat cerita memvariasikannya dengan segala perbedaan yang bisa di buat seperti :

a. Cinta si Kaya dan si Miskin
The Heirs
Waduh kalo ini sih udah sering banget yah karena emang susah kalau cinta tapi beda Strata Sosial, contoh drama ini yah The Heirs, Boys Before Flower, dll

b. Cinta beda Usia
I Hear Your Voice
Selain beda Strata sosial yang paling sering juga adalah kisah cinta Beda Usia, hal ini dianggap biasa dikala yang laki-laki lebih tua dari wanitanya, tetapi kalau sebaliknya bakal muncul banyak problem dan cerita menarik. Seperti drama I Hear Your Voice, dll

c. Cinta berawal dari Benci
BBF
Benar apa yang orang bilang bahwa bibit cinta adalah benci diawal, banyak banget drama yang awalnya pemerannya saling membenci jadi malah saling mencinta. Yang paling terkenal dan melegenda adalah BBF ini, hal ini karena drama ini membuat hati penonton Indonesia terbuka dan mulai banyak menonton drama Korea. 

Yah kiranya itu aja yang bisa gw sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. kalau ada yang mau nambahin komen aja dibawah sini....
~Nomad

1 Comments

  1. Iya sebenernya proses mencontek drama juga dilakukan korea, banyak yang nyontek dari jepang. tapi itu semua gak jadi masalah kalo ada perjanjian dan izin dari PH -nya. hihi disini ada wifi sekolah gratis buat download deh jadinya, kalo beli dvd mahaaaall :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca "Nomaden Edogawa" tinggalkan komentar yah kawan, ayo bangun komunikasi yg baik.