Selamat Hari Polwan ke-68

Polisi Wanita yang akrab disebut Polwan hari ini tanggal 1 September berulang tahun yang ke-68. Maka berdasarkan angka tersebut Polwan di dirikan  pada tahun 1948,
HUT Polwan ke-68
Sejarah Polwan
sejarahnya saat itu sedang kondisi AMB II (Agresi Militer Belanda II) di Bukit tinggi karena disanalah pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Saat itu terjadi pengungsian besar-besaran warga dari titik titik yang rawan perang. Di Pengungsian warga wanita menolak diperiksa oleh anggota Polisi Laki-laki sehingga muncul gagasan untuk membuat Polisi Wanita. Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Tinggi melatih 6 Remaja wanita yang semuanya berdarah minangkabau untuk mengikuti pendidikan Inspektur Polisi di SPN. ke-6 gadis remaja tersebut adalah :

  1. Mariana Saanin Mutfi
  2. Nelly Pauna Situmorang
  3. Rosmalina Pramono
  4. Dahniar Sukotjo
  5. Djasmainar Husein
  6. Rosnalia Taher
sekarang mereka sudah pensiun dengan rata-rata pangkat terakhirnya Kolonel Polisi (Kombespol).

Perwira Tinggi Polwan
Memang saat ini tidak banyak polwan yang memiliki jabatan strategis dan pangkat yang tinggi, berikut beberapa nama Perwira Tinggi Polwan sampai saat ini ;

  1. Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Basaria Panjaitan, SH, MH (Jabatan terakhir: Sahlisospol Kapolri Mabes Polri)
  2. Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Jeanne Mandagi, SH (Jabatan terakhir : Kadivhumas Mabes Polri)
  3. Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Dra. Roekmini Koesoema Astoeti (Jabatan terakhir : - )
  4. Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Paula Maria Renyaan Bataona (Jabatan terakhir : Wakil Gubernur Provinsi Maluku 1998-2003)
  5. Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Dra. Sri Kusmaryati (Jabatan terakhir : Lemdiklat Polri)
  6. Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Dra. Noldy Rata (Jabatan terakhir : Konsultan Ahli Tim Asistensi Bidang Pencegahan BNN (sekarang) )
  7. Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Hj. Rumiah Kartoredjo, S.Pd (Jabatan terakhir : Kapolda Banten 2008-2010)
  8. Brigadir Jenderal Polisi Soepartiwi, M.Pd (Jabatan terakhir : Kadiklatsus Jatrans Lemdik Polri)
Tantangan kerja Polwan
Kinerja Polwan tentu saja sama seperti Polri pada umumnya namun lebih kepada menangani kejahatan terhadap perempuan yang saat ini sedang marak terjadi. Tantangan dalam segi penampilan juga menjadi sorotan,banyak sekarang polwan yang berhijab mengenai aturannya sendiri masih belum pasti tetapi ini merupakan langkah positif Polwanuntuk tetap menjalankan syariat manusia yang beragama. 

0 Comments