GOT : Agama dan Kepercayaan

Emang rada bingung sih awalnya nonton GOT soalnya agamanya banyak dan tidak memakai agama di kehidupan nyata, mungkin untuk menghindari konflik dan juga memperkaya isi cerita. Setelah browsing kesana kesini didapat keterangan tentang agama dan kepercayaan dalam game of thrones diantaranya adalah : 

Westeros
1. The Old Gods Of The Forest, 
Agama ini percaya kepada banyak spirit dari Batu dan Pohon, dipuja pertama kali oleh Chidren of The Forest dan First men (orang pertama di Westeros). Agama ini sekarang hanya di anut oleh winterfell (nothen men). 

2. Faith Of The Seven
Diperkenalkan kira kira pada andal invasion 6000 tahun yang lalu saat ini merupakan agama yang terbesar di benua ini, agama ini mengambil 7 Tuhan atau wajah atau aspek kehidupan sebagai acuannya. 

3. Drowned God
Agama yang dianut di pulau Iron (Greyjoy House) merupakan dewa yang dipercaya memberikan mereka kekuatan maritim. 

Essos
Di Benua Timur ini lebih bervariasi agama dan kepercayaanya berikut list yang dapat gw rangkum :
1. The Lord of Light
Agama yang hanya percaya pada satu Dewa yaitu Dewa Api yang akan memberikan kekuatan magic dan membawa ke jalan terang. Agama ini merupakan yang paling banyak di anut di Essos apalagi di Free City

2. The Bearded Priest of Norvos,
Agama yang dianut para pendeta dan prajurit Norvos di free city

3. The Black Goat of Qohor
Agama yang mengorbankan darah kambing hitam dalam setiap acaranya serta berada di kota Qohor.

4. The Many Faced God Of Death
Agama Minoritas yang dianut grup pembunuh di Braavos yang disebut sebut sebagai faceless men.

5. Moonsingers, Agama yang dianut di Braavos

6. The Valaryan Religion, Dewa dewa yang dianut oleh orang valaryan dulu sebelum musnah klan ini, dan kini hanya ada keluarga Taergeryen yang bertahan.

7. The Griscali Relegion, agama yang banyak di anut di slavers bay.

8. Great Stallion, Agama yang dianut oleh kaum Nomaden Dothraki sebagai dewa nya.

9. Great Shepperd, agama yang dianut oleh Lhazaar


Yah banyak sekali kan Agamanya, sebenernya agama itu tidak ada yang benar melainkan hanya animisme dan dinamisme didalam cerita ini, berikut Quoet dari George R.R. Martin terhadap agama dalam Game of Thrones :
Well, the readers are certainly free to wonder about the validity of these religions, the truth of these religions, and the teachings of these religions. I'm a little leery of the word "true" — whether any of these religions are more true than others. I mean, look at the analogue of our real world. We have many religions too. Are some of them more true than others? I don't think any gods are likely to be showing up in Westeros, any more than they already do. We're not going to have one appearing, deus ex machina, to affect the outcomes of things, no matter how hard anyone prays. So the relation between the religions and the various magics that some people have here is something that the reader can try to puzzle out.
 ~Nomad Source : GOT WIKI , Imdb GOT

0 Comments