Warna dan maknanya dalam Sepak Bola

Warna adalah bagian yang tidak bisa terpisakan dalam sepak bola, bukan hanya sekedar identitas yang dikenakan dalam seragam maupun logo mlainkan memiliki makna yan jauh lebih dalam dari pada itu semua.Berikut makna dari warna warna yang umum dipakai dalam sepak bola.
Warna
Merah : merupakan warna kedua paling populer dipersepak bolaan inggris, warna merah diyakini dapat meningkatakan agresivitas dan semangat serta melambangkan hasrat dan kenginan kuat untuk menang. warna ini banyak dipakai oleh klub kondang dunia seperti : MU, Munchen, liverpool, ajax, arsenal dan masih banyak lagi. Tim yang saya pakai sebagai jagoan dalam FM 12 adalah Nottingham Forest pun menggunakan warna merah dengan nickname "The Reds".

Putih: Sering diasumsikan sebagai warna kematian, ketakutan, dan dingin selain itu juga melambangkan kesucian dan kejujuran. Sepak bola yang mulai ramai dimainkan pada pertengahan abad ke-19 sebagian besar memakai warna putih. Tim dunia yang memakai warna ini adalah Real Madrid, Leeds United, Dinamo Kiev, dan Timnas AS.

Biru : Merupakan warna yang paling favorit di Ingris, dkenakan oleh separo dari tim yang bermain dalam EPL. Warna ini berarti ketenangan, keteduhan, keharmonisan dan loyalitas. Tim tim besar yang menggunakan warna ini antara lain Timnas Itali dan Prancis serta klub ternama seperi Chelsea, Everton, Lazio dan Napoli.
Hijau : Paling populer di afrika, menurut para pakar makna warna ini adlah ketegasan dan cenderung menolak perubahan. Bahkan dipercaya sebagai warna sial dikancah sepak bola. Tim Burney Inggris mengganti warna kaosnya karena mengetahui mitos ini dan mempercayainya tahun 1991.
Kuning : Para pakar percaya bahwa warna kuning merupakan lambang dari keceriaan,  kecerahan, bebas dan selalu optimis. pemakai warna kuning yang sangat terkenal tentunya Timnas Brazil. untuk dikelas Klub warna ini menjadi favorit di belanda.
Yah demikian artikel yang saya sampaikan kali ini semoga bermanfaat selalu.
Salam

~Nomaden Edogawa.

Source : Sadat, Andi M. 2009. Brand Belief (strategi membangun merek berdasar keyakinan). Jakarta : Salemba Empat.





0 Comments